Rabu, 04 Mei 2011

TANYA
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Mas Wijoyo yang terhormat, alhamdulillah kami baru saja membeli sebuah rumah. Insyaallah jika ada rezeki, kami ingin mengembangkan rumah tersebut secara bertahap. Dapur dan kamar mandi sekarang ini terlalu kecil. Tolong dibuatkan denah pengembangannya, dengan tetap mempertahankan bangunan asli.
Adapun ruangan yang kami butuhkan sebagai berikut.
–Ruang tidur utama dengan kamar mandi dalam
–Dapur yang menyatu dengan ruang makan
–Ruang keluarga
–Mushola
–Kamar mandi keluarga yang agak luas
Kami ingin ada cahaya dan sirkulasi udara dari arah belakang. Sisi barat dekat sumur ingin kami jadikan ruang jemur. Kalau bisa ada taman kecil di belakang dan depan, karena kami suka tanaman.
Terima kasih Mas atas bantuannya. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Wagiyo Atmojo
Sukabumi, Jawa Barat



JAWAB
Assalamualaikum Wr. Wb. Mas Wagiyo yang terhormat, kalau saya melihat sketsa gambar denah asli yang diberikan, rumah Mas Wagiyo sejajar dengan gang, sementara bagian depannya sebagian berada pada posisi tusuk sate. Saya mengusulkan bagian samping rumah yang sejajar dengan gang untuk dimundurkan sekitar 1 m. Mengapa? Bagian ini akan saya jadikan ruang-ruang tidur, yang tentu membutuhkan privasi lebih dibandingkan ruang lainnya. Dengan memundurkan bangunan, antara rumah Anda dengan gang menjadi ada jarak, sehingga kebisingan dari orang yang lalu lalang melewati gang tidak terlalu mengganggu ruang-ruang tidur Anda. Apalagi kalau Anda bisa menanami pagar hidup sebagai pembatas rumah dengan gang, itu lebih baik lagi.
Sayangnya, Anda tidak memberikan arah mata angin rumah Anda, sehingga saya agak kesulitan meletakkan posisi mushola yang terbaik. Untuk itu, saya letakkan di area netral di depan rumah, menempel dengan bangunan tetangga depan dan samping. Untuk memasuki mushola, Anda harus melewati kamar mandi keluarga, sehingga bisa sekaligus berwudhu di kamar mandi sebelum melakukan sholat.
Ruang tempat sumur tetap saya pertahankan. Di area ini Anda bisa mengatur kegiatan mencuci dan menjemur.
Mas Wagiyo, mudah-mudahan gambar yang saya berikan bisa memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Keterangan denah
1.Teras
2.Ruang keluarga
3.Ruang makan
4.Ruang tidur utama
5.Kamar mandi pribadi
6.Ruang tidur
7.Mushola
8.Kamar mandi keluarga
9.Dapur
10.Ruang cuci dan jemur
http://www.tabloidrumah.com/?p=2940

Tidak ada komentar:

Posting Komentar