Selasa, 25 September 2012

Pilihan Sistem Bukaan Kabinet Dapur

Jumat, 14 September 2012
oleh: Yasmin Tri Aryani (@yasmin3aryani)


Pilihan Sistem Bukaan Kabinet Dapur
Swing, drawer, pull out, folding,  dan flap. Itulah pilihan sistem pembuka kabinet. Sistem yang tepat, tentu mempermudah aktivitas Anda di dapur.
Apa sih perbedaan dari kelima sistem tersebut? Yuk, kita cari tahu.

1.   Swing (sistem ayun)
Sistem ini paling umum digunakan karena harganya ekonomis. Selain itu pemasangannya terbilang mudah. Anda dapat mengaplikasikannya di kabinet bawah (base unit ), kabinet atas (wall unit ) dan rak tinggi (tall unit ). Namun, sistem ini memiliki kelemahan. Barang seringkali tidak tertata rapi. Benda-benda yang diletakkan di sisi belakang kabinet pun sulit dikeluarkan.



2.   Drawer (laci)
Laci hanya dapat diaplikasikan di base unit . Laci memudahkan organisasi barang. Namun, laci yang tidak dapat ditarik penuh akan menyulitkan. Benda-benda yang diletakkan di bagian belakang laci sulit dijangkau tangan.


3.   Pull out
Pull out adalah istilah untuk sistem bukaan laci. Dengan sistem ini, laci dapat ditarik penuh (full extension ) ampai ke batas belakang. Ini mempermudah dalam membersihkan laci. Biasanya digunakan untuk tall unit . Pull out memiliki satu varian lain, yaitu pull out basket . Berbentuk seperti keranjang metal. Difungsikan untuk meletakkan bahan makanan dalam kemasan. Pull out basket diaplikasikan di base unit .


4.   Folding (sistem lipat)
Folding digunakan di wall unit . Sistem folding ini menyebabkan sebagian kabinet atas tertutup. Sehingga perlu berhati-hati ketika mengeluarkan barang. Sistem ini bisa Anda gunakan jika bukaan pintu kabinet terhitung besar (misalnya, berukuran tinggi 60cm, lebar 90cm).


5.   Flap (sistem bukaan ke atas)
Sistem ini diterapkan pada wall unit . Kelebihannya ada pada keamanan. Anda tidak perlu takut terbentur pintu kabinet. Dengan flap , Anda dapat mengambil barang di kabinet atas dengan nyaman. Tidak ada bagian yang tertutup pintu. Yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi ruang. Pastikan ketinggian ruang cukup jika pintu kabinet dibuka.


YASMIN-dapur.app
Foto:  Dok. Vela Furniture & iDEA/Richard Salampessy

http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Renovasi/Pilihan-Sistem-Bukaan-Kabinet-Dapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar