Selasa, 25 September 2012

Tips Kamar Mandi Bawah Tangga

Minggu, 23 September 2012
oleh: Lukkie Putranto (@lukkieputranto)


Tips Kamar Mandi Bawah Tangga
Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda perhatikan saat menata ruang sisa ini.
Banyak blank space yang terjadi di rumah Anda karena perhitungan kebutuhan ruang yang kurang cermat. Kalaupun sudah diperhitungkan, ruang-ruang sisa ini merupakan ruang yang memang direncanakan ununtuk tidak terpakai.
Area bawah tangga salah satunya. Area ini dikenal sempit, bahkan seringkali cuma jadi gudang atau tak jarang malah tidak dimanfaatkan sama sekali. Namun ternyata bukan mustahil dimanfaatkan jadi kamar mandi yang nyaman.
Menjadikan area bawah tangga sebagai kamar mandi memiliki banyak keuntungan. Selain rumah terasa ringkas, area yang sering terdapat di sekitar ruang tamu ini lebih mudah dijangkau oleh para tamu agar tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi pribadi pemilik rumah.
Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ununtuk menciptakan kamar mandi di area bawah tangga :

  • Ukurlah ketinggian langit-langit di area bawah tangga tersebut. Ruangan yang nyaman setidaknya orang harus dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian ideal minimal 2,2m.
  • Karena disebabkan anak tangga tidak sama tinggi, ada bagian  langit-langit yang lebih rendah dibandingkan bagian lainnya. Manfaatkan  bagian yang rendah sebagai area penyimpanan peralatan kamar mandi seperti  tempat tissue atau sabun.
  • Area bawah tangga umumnya berukuran mungil, untuk itu perhatikan sirkulasi udara. Usahakan ada akses udara masuk dari luar ke dalam. Sehingga kamar mandi tidak menjadi  lembap dan sesak.  Untuk menghemat tempat, buatlah bukaan berupa lubang angin berkisi-kisi agar udara tetap masuk tetapi hewan-hewan kecil terhalang.
  • Di dalam kamar mandi, pencahayaan  memegang peranan penting. Pastikan penerangan buatan di dalam area ini. Anda dapat membuat jalan masuk cahaya alami, seperti kaca yang terhubung ke luar rumah. Cahaya matahari  baik untuk menghalau kelembapan dalam ruang serta berkembangnya jamur dan kuman.
  • Karena letaknya di bawah tangga, tidak semua fungsi kamar mandi dapat terakomodasi. Yang terpenting, bagi sebuah kamar mandi tamu adalah keberadaan kloset dan wastafel. Sebagian besar tamu menggunakan kamar mandi sebagai tempat buang air dan mencuci tangan.
Foto:  iDEA/Licco Indrawan
Arsitek: Wahyu Achadi

http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Tips/Dekorasi-ruang/Kamar-mandi/Tips-Kamar-Mandi-Bawah-Tangga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar