Jumat, 02 November 2012

Cara memiliki rumah

Oleh : Novan Suhendra, ST

Apakah anda sudah memiliki rumah ?

Jika belum, maka anda untuk harus membaca tulisan ini agar anda dapat memiliki kesempatan memilih rumah yang akan anda beli untuk anda miliki. Jangan sampai anda menyesal setelah membeli rumah tersebut karena rumah adalah salah satu investasi yang mahal dan biasanya berlaku seumur hidup. Oleh karena itu saya ingin membagikan 3 alternatif bagi anda yang ingin membeli dan memiliki rumah. Dan inilah alternatif-alternatif tersebut :

1
. Membeli rumah siap pakai (non renovasi)

Pada pilihan alternatif ini, anda dapat membeli rumah yang berada dalam komplek perumahan, cluster, town house, rumah susun, apartemen ataupun rumah yang berada di lingkungan perkampungan.
Biasanya rumah yang anda beli memang dalam keadaan baru, walaupun tidak menutup kemungkinan rumah atau bangunan tersebut sudah lama (second) namun secara fisik masih gress sehingga setelah anda membelinya anda tidak memerlukan renovasi ( siap pakai).

2. Membeli rumah yang perlu direnovasi

Alternatif ini dipakai biasanya untuk orang-orang yang lebih memilih lokasi rumah dibandingkan rumah yang berada diatas tanah tersebut. Artinya dia lebih mementingkan unsur strategis lokasi tersebut karena bisa jadi penggunaan rumah tersebut nantinya untuk dijadikan lokasi bisnis rumahan atau bisa juga karena posisi rumah tersebut cocok dengan kemauannya walaupun mungkin ia kurang suka dengan rumah tersebut. Sehingga biasanya setelah rumah tersebut di beli, maka si pemilik akan segera merenovasi atau bahkan membangun ulang rumah tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan si pemilik.

3. Membeli tanah kemudian membangun rumah 

Alternatif ini digunakan oleh banyak orang yang tinggal di lingkungan perkampungan, biasanya pilihan ini digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki uang banyak namun ingin mempunyai rumah secara bertahap (rumah tumbuh). Namun tidak menutup kemungkinan pilihan ini dipakai oleh orang-orang kaya yang ingin rumahnya berbeda dengan rumah yang lainnya, sehingga ia akan menggunakan jasa arsitektur kenamaan untuk merancang rumahnya. Oleh karena ia lebih memilih alternatif ini sebagai salah satu cara untuk menyalurkan keinginannya tersebut.

Pembaca yang terhormat, banyak hal yang menyebabkan anda harus mempertimbangkan dalam memilih satu diantara tiga pilihan tersebut. Namun yang pasti anda harus cermat memperhitungkan keuangan yang anda miliki. Jangan sampai anda terlalu berambisi namun tidak memiliki dukungan keuangan yang cukup. 

Namun anda juga tidak perlu khawatir, karena saat ini untuk bisa memiliki rumah anda memiliki banyak pilihan untuk pendanaan dan salah satunya adalah pihak bank (KPR).  Ditulisan yang lain, saya akan memberikan tips-tips bagi anda yang ingin membeli rumah dengan menggunakan salah satu pilihan tersebut. Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan pencerahan bagi anda yang ingin memiliki rumah, dan semoga anda dapat segera memiliki rumah yang anda impikan. (red)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar