Jumat, 02 November 2012

Hal yang harus diperhatikan dalam membeli rumah


Oleh : Novan Suhendra, ST


Memiliki rumah adalah impian setiap orang, baik yang masih sendiri maupun yang sudah menikah, apalagi bagi yang sudah memiliki anak. Oleh karena itu dalam membeli rumah banyak faktor yang harus diperhatikan dan anda juga diharapkan tidak terburu-buru dalam membeli rumah. Agar nantinya anda mendapatkan rumah yang nyaman dan aman sesuai yang anda kehendaki.

Berikut ini beberapa faktor yang harus anda perhatikan :

     1.  Tujuan membeli rumah

Inilah yang disebut dengan niat membeli rumah, karena setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada yang membeli rumah karena memang ingin dijadikan rumah idaman, namun tidak sedikit yang membeli rumah karena ingin dijadikan tempat usaha (bisnis). Sekali lagi tetapkan tujuan anda secara cermat dan tidak terburu-buru dalam membeli rumah karena hal itu akan mempengaruhi hal-hal lain yang ada di bawah ini .
  
    2.  Lokasi rumah


Lokasi ini akan berkaitan dengan akses jalan raya, pusat bisnis (mall, pasar dll), sarana umum (terminal, stasiun, taman kota dll), sekolah, sarana ibadah dan yang lainnya. moda transportasi yang mendukung juga perlu diperhatikan, misalnya lokasi rumah dilalui angkot atau tidak.
Selain itu, lokasi yang kita harus cermati adalah apakah lokasi tersebut memang di peruntukan untuk pemukiman, keamanan terjamin dan apabila masuk musim penghujan maka tidak terkena banjir serta bukan bekas tempat pembuangan sampah atau kuburan.

     3.  Pengembang atau kontraktor

Apabila anda membeli di perumahan atau sejenisnya, maka anda perlu mengetahui pengembang dan juga kontraktor yang membangun rumah tersebut. Anda perlu mencari tahu track record dari dua pihak tersebut dalam hal pembangunan rumah, karena tidak sedikit pengembang dan kontraktor “nakal” yang nantinya berimbas kepada kualitas rumah yang dibangun sehingga akan mengakibatkan konsumen menyesal dikemudian hari. Yang tidak kalah penting adalah anda harus mengetahui surat perizinan yang berkaitan dengan rumah yang anda akan beli.

     4.  Lingkungan

Yang dimaksud dengan lingkungan disini adalah lingkungan disekitar rumah tersebut, baik itu lebar jalan yang ada di depan rumah maupun yang ada disekitar rumah. Sanitasi yang baik, pepohonan atau area hijau yang memadai, serta kepadatan lalu lintas kendaraan yang ada di depan maupun sekitar rumah  juga menjadi hal yang perlu diperhatikan karena hal-hal tersebut memberikan andil yang cukup besar bagi kenyamanan rumah yang akan kita beli.

     5.  Fasilitas pendukung

Fasilitas disini saya bagi menjadi 3 hal, yaitu :
a. Fasilitas social seperti rumah ibadah, sekolah, rumah sakit, posyandu dll.
b. Fasilitas umum seperti sarana olahraga, taman bermain, jalan dll
c. Fasilitas pendukung lainnya yang ada disekitar rumah seperti taman rekreasi, pusat kebugaran, kompleks pertokoan dll 

     6.  Spesifikasi rumah

Desain yang menarik, unik dan fungsional merupakan daya tarik yang paling dominan dalam mempengaruhi orang untuk membeli rumah.  Namun kita juga jangan terlena dengan desainnya saja, perhatikan pula pembagian ruang, daya listrik yang disediakan, sumber air, pembuangan air (sanitasi). Teliti juga spesifikasi bahan bangunan yang digunakan karena hal itu akan mempengaruhi daya tahan rumah tersebut. Seperti dindingnya, apakah menggunakan batu bata, batako, bata ringan atau yang lainnya, dinding diplester aci atau tidak, lalu untuk kusen terbuat dari apa, begitu seterusnya.

     7.  Perkembangan daerah tersebut

Sebelum membeli rumah, kita harus mencari tahu ke dinas terkait yang mempunyai blue print atau rencana tata kota mengenai kawasan dimana kita akan membeli rumah tersebut. Jangan sampai setelah kita membeli ternyata beberapa waktu kemudian rumah kita digusur untuk kepentingan masyarakat umum (pelebaran jalan, taman kota, pelebaran sungai dll).
Selain itu fungsi kita mengetahui rencana tata kota adalah kita dapat mengetahui kisaran harga beli dan juga harga jual untuk beberapa tahun mendatang. Selain itu kita juga dapat merencanakan apa yang akan kita lakukan dengan rumah tersebut, apakah dapat digunakan sebagai tempat bisnis, investasi atau hanya sekedar tempat tinggal.

     8.  Cara membeli dan pembayarannya

Anda bisa membeli secara langsung ke pemilik rumah atau melalui agen property. Kedua-duanya mempunyai kekurangan dan kelebihan, tergantung anda lebih nyaman yang mana. Sedangkan untuk membeli rumah, saat ini sudah banyak sekali cara membayarnya, bisa melalui bank (KPR), tunai bertahap, tunai lunas, dan lain-lain. Hal-hal tersebut dapat disesuaikan dengan keuangan yang anda miliki.

     9.  Ajak orang yang ahli

Ini yang cukup penting namun sering terlupakan oleh banyak orang. Saya menytarankan agar tidak menyesal dikemudian hari, alangkah baiknya jika ingin membeli rumah, anda berkonsultasi dan mengajak orang yang sudah ahli dibidang rumah.

Tidak semua rumah memiliki hal ideal yang seperti yang saya jelaskan di atas. namun jangan berputus asa, jika tidak bisa ideal, paling tidak mendekati ideal adalah yang paling realistis.

Selamat berburu dan membeli rumah yang anda inginkan. (red)

http://www.abeerekacipta.com/2012/11/hal-yang-harus-diperhatikan-dalam.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar