Selasa, 21 Maret 2017

Bahan/material fasad


Setelah anda mendapatkan desain fasad yang anda inginkan sesuai dengan konsep rumah anda, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang bahan atau material yang akan anda gunakan untuk membuat fasad rumah anda. Selain akan berdampak keindahan, bahan material juga harus kuat, mudah dalam perawatan, dan yang tak kalah pentingnya adalah ekonomis.
Berikut ini adalah macam-macam bahan atau material untuk fasad rumah anda :

1. Bata ekspose memiliki ciri khas dalam tekstur, terlihat lebih natural, eksotis dan juga memberikan kesan hangat. Agar tahan lebih lama dan juga menambah keindahan, maka perlu ditambahkan coating (pelapis) anti jamur dan lumut pada lapisan bata ekspose.

2. Beton ekspose memiliki kesan kuat, tegas dan modern. Bahan ini relative cukup kuat terhadap cuaca dikarenakan penggunaan semen yang baik.


3. Batu alam memiliki berbagai macam bentuk dan tekstur. Penggunaan batu alam pada fasad memberikan kesan alami dan teduh, sebagaimana batu tersebut berada di alam tempat dimana batu tersebut berasal. Agar tahan lebih lama dan juga menambah keindahan, maka perlu ditambahkan coating (pelapis) anti jamur dan lumut pada lapisan batu alam.

4. Kayu memiliki warna dan tekstur yang sangat indah. Penggunaan kayu memberikan kesan hangat dan alami. Namun yang perlu diperhatikan adalah perlu adanya tindakan pencegahan sebelum kayu tersebut digunakan agar rayap tidak merusak kayu. Agar tahan lebih lama dan juga menambah keindahan, maka perlu ditambahkan coating (pelapis) anti jamur dan lumut pada lapisan kayu.

5. Keramik memberikan kesan modern dan lebih kuat dibandingkan bahan yang lain. Selain itu, keramik juga mempunyai banyak pilihan warna dan corak serta mudah dalam perawatan. Yang perlu diperhatikan dalam memilih keramik adalah pemilihan warna, corak dan ukuran agar fasad pada rumah anda sesuai dengan konsep yang diinginkan.

6. Cat dapat memberikan kesan bermacam-macam tergantung dari warna yang digunakan. Penggunaan material ini masih menjadi pilihan banyak orang, karena selain mudah dalam pengaplikasiannya apabila menggunakan trik khusus dalam pengecatan, maka akan didapatkan tekstur yang bagus.  Apalagi saat ini produsen cat semakin berlomba memproduksi cat dengan kualitas anti jamur, anti lumut, tahan air, warna tidak cepat pudar dan kelebihan lainnya.

7. Kaca merupakan material yang special dikarenakan ia bersifat tembus cahaya, serta memberikan kesan modern dan terbuka. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah pemasangan dan juga perawatan, hal tersbut dikarena material kaca mudah pecah.

Demikian beberapa bahan (material) yang sering digunakan pada fasad rumah yang ada di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan adanya bahan (material) yang akan bermunculan untuk dapat menambah keindahan dari fasad suatu bangunan. Apalagi saat ini kemajuan teknologi dan juga kesadaran akan perubahan iklim serta lingkungan sangat mempengaruhi tampilan fasad.

Selamat mendesain fasad rumah anda, jika anda merasa kesulitan maka anda dapat menghubungi kami.

abee rekacipta
0877 7676 2425

Tidak ada komentar:

Posting Komentar